Minggu, 14 Agustus 2011

MEMBANGUN KEPERCAYAAN PENGUNJUNG PADA TOKO ONLINE AMAZON

Dalam 1 bulan terakhir ini traffic ke toko online untuk menjual produk amazon yang dibuat dengan AOM (Associate-o-matic) agak banyak pengunjungnya. Walaupun sudah banyak juga pembelian di toko tersebut dibulan-bulan sebelumnya, namun ternyata masih ada saja dari beberapa pengunjung yang menghubungi saya lewat email untuk menanyakan apakah aman melakukan transaksi pembeli an produk yang mereka inginkan dari toko online saya tersebut.
“Kepercayaan” – kata inilah yang menurut saya menjadi kunci penting, apakah pengunjung bersedia melakukan transaksi pembelian di toko online (baca:internet). Oleh karena itu, sepertinya transparansi di toko online kita sangat diperlukan, karena bagaimanapun juga – boleh dibilang pengunjung yang akan atau ingin melakukan transaksi lewat internet berada pada posisi yang sedikit dirugikan, kenapa? karena dalam memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian tersebut, mereka harus mempertanggung jawabkan sendiri keputusannya. Pernahkah anda alami sendiri kejadian dimana anda melihat suatu promosi produk di internet yang begitu menggiurkan dan akhirnya anda memutuskan untuk membelinya? :)
Apa yang terjadi jika ternyata sipembeli kecewa kalau ternyata produk tersebut tidak seindah kata-kata, gambar atau foto yang dilihatnya? :(   Oleh karena itu dalam design toko online selalu saya tampilkan logo dari affliliate mana produk tersebut (dalam hal ini Amazon produk), dan juga selalu saya tampilkan logo “Jaminan uang kembali” jika produk yang dibelinya tidak memuaskan.
Kembali pada email-email yang saya terima tadi, sudah barang tentu saya harus merespon segera pertanyaan atau keraguan mereka tersebut. Karena mereka adalah calon pelanggan, jika sekali mereka melakukan transaksi pembelian di toko online kita dan mereka puas, tidak tertutup kemungkinan mereka akan kembali lagi dan belanja di toko kita :)
Biasanya saya meresponya kira-kira sbb untuk toko online yg menjual produk Amazon:
“Our store www.tokoonline.com is associate Amazon store. We have right to sell all Amazon products through our online store and 30 days moneyback guarantee. Just make sure when you checkout, it will directly go to Amazon checkout page.”
Pastikan alamat toko online anda berada pada balasan email, atau bisa juga anda taruh pada signature. Supaya begitu mereka baca email, bisa langsung klik alamat tersebut dan kembali ke toko kita. Mudah-mudahan mereka jadi beli produk yang mereka inginkan dari toko online kita…cring..cring..$$$ :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar