Minggu, 14 Agustus 2011

PRODUK AMAZON UNTUK HALAMAN DEPAN TOKO ONLINE


Beberapa waktu yg lalu, sudah dijelaskan bagaimana seting category produk amazon untuk toko online di associate-o-matic. Masih banyak lagi menu di control panelnya yg bisa kita coba ubah sesuai dengan selera kita, salah satunya adalah menu Home Page.
Menu Home Page ditujukan untuk menentukan akan seperti apa tampilan atau format halaman depan dari toko online kita tersebut. Ada 7 format pilihan yg disediakan, tapi yang menjadi favorite saya ada tiga yaitu:
  1. Single Item : biasa saya gunakan saat baru membuka toko online baru, karena belum terlalu kelihatan seperti apa kebiasaan customer yg datang ke website yg baru itu. Lagipula setiap produk amazon itu biasanya banyak sekali content nya, apalagi kalo produk elektronik, lengkap ada review nya baik itu bersifat teknis maupun dari customer review yg merasa puas atau tidak dgn produk tersebut. Dengan halaman muka yg banyak content dan kaya akan keyword tersebut sudah barang tentu akan disukai oleh robot search engine.
    Ada salah satu toko online saya yang hanya menggunakan format ini, dan menempati posisi pertama dalam mesin pencari google untuk salah satu keyword tertentu, termasuk long tail keywordnya.
  2. ASIN List : saya gunakan jika kebetulan produk dari dari toko online tersebut selalu mengeluarkan produk terbaru secara rutin. Jadi saya tempatkan produk baru tersebut dihalaman depan jikalau memang tipe dari customer untuk produk tersebut selalu berminat dengan produk terbaru. Dan keterbatasan dari format ini adalah hanya bisa menampilkan 10 item saja dan kita harus menentukan sendiri yg mana dari 10 item tersebut. Untuk mengetahui kode ASIN, anda bisa lihat informasi detail produk tersebut di Amazon saat kita klik title/produknya. Jika sudah menentukan produk mana saja yg ingin anda tampilkan, tempatkan list ASIN tersebut(misal: 0345428838,0345428838) dibagian “Home ASINs” pada control panel AOM. Anda bisa membuat itu list tersebut tampil secara acak atau tidak dengan memanfaatkan fungsi “Home ASINs Randomizer”, tinggal pilih On atau Off.
  3. HTML/PHP File : format ini mirip dgn custom HTML, hanya saja kalau custom html, kita harus tulis kode-kode html itu didalam kolom isian “Home HTML”. Karena saya gak mahir dengan html code maka lebih baik saya bikin saja satu file html atau php dgn frontpage atau dreamweaver, dan nanti tinggal upload file nya dan taruh nama file tersebut dikolom isian “Home File”. Dengan menggunakan format ini anda bisa membuat halaman depan toko online anda sesuai selera anda dan unik berbeda dgn yg lainnya. Ada salah satu toko online saya yg menggunakan format ini dan isi nya satu halaman penuh hanya sebuah PPS dari affiliate lain.
Selain pertimbangan estetika dan SEO bagi halaman depan toko online anda, ingin seperti apapun tampilannya… yg terpenting bagaimana caranya supaya si visitor mau melakukan pembelian di toko online anda tersebut. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar